Paradigma dan Perspektif*

Image
Oleh: Fikar Damai Setia Gea A.     Pengertian Paradigma Secara etimologis kata Paradigma bermula pada sejak abad pertengahan di Inggris yang merupakan kata serapan dari Bahasa Latin pada tahun 1943 yaitu paradigma   yang berarti suatu model atau pola. Sementara dalam Bahasa Yunani berasal dari kata paradeigma (para+deignunai) yang berarti untuk “membandingkan”, “bersebelahan” (para) dan “memperlihatkan” (deik). Paradigma dapat diartikan sebagai seperangkat asumsi, konsep, nilai, dan praktik yang diterapkan dalam memandang realitas dalam sebuah komunitas yang sama khususnya dalam disiplin ilmu pengetahuan. Beberapa pengertian paradigma menurut pada ahli adalah sebagai berikut: Pengertian paradigma menurut Patton (1975) : “A world view, a general perspective, a way of   breaking down of the complexity of the real world” (suatu pandangan dunia, suatu cara pandang umum, atau suatu cara untuk menguraikan kompleksitas dunia nyata) . Pengertian paradigma menuru...

PENTINGNYA LANDASAN YANG BENAR

Ukuran jarak rel (antara rel kiri dan rel kanan) kereta api di Amerika Serikat ialah 4 kaki 8,5 inci. Ukuran itu sangat ganjil. Mengapa 4 kaki 8,5 inci? Mengapa ukuran itu yang dipakai? Ukuran itu dipakai karena itulah ukuran jarak rel kereta api yang dipakai di Inggris, dan kereta api di Amerika Serikat dibangun oleh para pendatang dari Inggris.


Sekarang anda mungkin bertanya, “Baiklah, apa sebabnya orang Inggris membangun rel kereta api dengan ukuran seperti itu?” Karena rel kereta api pertama yang dibangun di Inggris dibangun oleh orang-orang yang sebelumnya juga membangun rel trem dan itulah ukuran yang mereka pakai. Lalu, mengapa mereka memakai ukuran itu? Karena orang-orang yang membangun rel trem memakai kerangka dan pola serta peralatan yang dipakai untuk membuat kerata kuda yang memakai jarak roda yang sama.

Anda mungkin bertanya-tanya, “ mengapa kereta kuda mempunyai ukuran jarak roda khusus yang ganjil seperti itu?” Kalau mereka mencoba memakai ukuran jarak roda yang lain, roda-roda kereta kuda akan patah di atas beberapa jalan jarak di Inggris karena itulah ukuran alur-alur roda pada jalan-jalan itu.

Lalu anda bertanya-tanya, “Siapa yang membuat alur di atas jalan-jalan lama tersebut?” Jalan jarak jauh yang pertama di Inggris di bangun oleh Kekaisaran Romawi untuk bala tentara mereka. Bagaimana halnya dengan alur-alur roda di atas jalan? Alur-alur yang pertama dibuat untuk kereta perang Romawi dan semua orang harus mengikuti ukuran alur-alur itu karena mereka takut akan menimbulkan kerusakan pada roda-roda dan kereta kuda mereka. Karena kereta perang dibuat untuk dan oleh Kekaisaran Romawi, maka jarak roda kereta –kereta itu semua sama. Dan kereta perang Kekaisaran Romawi dibuat cukup lebar untuk badan bagian belakang dua ekor kuda.


Dengan demikian kita memperoleh jawaban untuk pertanyaan yang mula-mula diajukan; ukuran baku untuk rel kereta api Amerika Serikat, yakni 4 kaki 8,5 inci, berasal dari lebarnya badan bagian belakang dua ekor kuda, yang menentukan spesifikasi mula-mula untuk kereta perang Kekaisaran Romawi.

Hal itu memang Nampak menggelikan, namun masih ada kelanjutannya. Inilah kisah selanjutnya: Ketika kita melihat pesawat ulang-alik di atas landasan peluncuran, ada dua roket peluncur yang dipasang di kedua sisi tangki bahan bakar yang utama. Kedua roket itu disebut “Solid Rocket Boosters” atau SRBs. Thiakol membuat SRBs di pabrik mereka di Utah.

Desas-desus mengatakan bahwa para insinyur yang merancang roket-roket itu ingin membuatnya sedikit lebih besar. Tetapi roket-roket itu harus dikirim dengan kereta api dari pabrik ke tempat peluncuran. Jalan kereta api dari pabrik harus melewati sebuah terowongan melalui gunung dan roket-roket itu harus mempunyai ukuran yang sesuai dengan terowongan itu. Terowongan sedikit lebih besar daripada rel kereta api dan rel kereta api kira-kira sama lebarnya dengan badan bagian belakang dua ekor kuda.

Dengan demikian, ciri rancangan yang utama dari sesuatu yang boleh dikatakan merupakan sistim transportasi yang paling canggih di dunia ditentukan oleh lebarnya bagian belakang dua ekor kuda!

Apakah sekarang anda dapat memahami pentingnya landasan yang benar? Tanpa itu, segala sesuatu mengarah kearah yang salah yang akan membawa anda tiba diarah yang salah. Karena itu pastikan landasan anda sudah benar atau belum.!

Comments

Popular posts from this blog

KENDALA DAN HAMBATAN SERTA SOLUSI DALAM KOMUNIKASI PEMBANGUNAN*

E-BUDGETING: MENGAWAL ASPIRASI MASYARAKAT DARI POLITIK KEPENTINGAN*

PELET JEPANG!

CORPORATE BRANDING AND CORPORATE REPUTATION

KOMUNIKASI HUMANIS*