Paradigma dan Perspektif*

Image
Oleh: Fikar Damai Setia Gea A.     Pengertian Paradigma Secara etimologis kata Paradigma bermula pada sejak abad pertengahan di Inggris yang merupakan kata serapan dari Bahasa Latin pada tahun 1943 yaitu paradigma   yang berarti suatu model atau pola. Sementara dalam Bahasa Yunani berasal dari kata paradeigma (para+deignunai) yang berarti untuk “membandingkan”, “bersebelahan” (para) dan “memperlihatkan” (deik). Paradigma dapat diartikan sebagai seperangkat asumsi, konsep, nilai, dan praktik yang diterapkan dalam memandang realitas dalam sebuah komunitas yang sama khususnya dalam disiplin ilmu pengetahuan. Beberapa pengertian paradigma menurut pada ahli adalah sebagai berikut: Pengertian paradigma menurut Patton (1975) : “A world view, a general perspective, a way of   breaking down of the complexity of the real world” (suatu pandangan dunia, suatu cara pandang umum, atau suatu cara untuk menguraikan kompleksitas dunia nyata) . Pengertian paradigma menurut Robert Friedrichs (197

Masyarakat Indonesia Ditengah Gempuran Iklan Partai Politik

Menjelang pemilu 9 April 2009, masyarakat Indonesia digempur oleh iklan partai politik. Wajah para calon anggota legislative bertebaran dimana-mana. Baik itu dengan baliho, spanduk, poster, stiker, pamflet, bendera, maupun lewat iklan di media massa baik cetak maupun elektronik. Terlebih setelah kampanye terbuka di mulai. Partai politik berlomba-lomba berkampanye dan beriklan. Semua partai mengusung sosok yang di anggap berpengaruh dalam partai, track record yang bagus, semua program yang dianggap sudah berhasil dan hanyalah program mereka yang terbaik.



Kampanye politik akan menjadi pilihan utama untuk mendapatkan suara yang banyak. Partai politik harus optimis bahwa dalam waktu yang terbatas itu mampu untuk mencetak wakil-wakil rakyat yang duduk di parlemen. Semua partai merencanakan berbagai strategi mutakhir yang akan dipakai, merencanakan ide kampanye yang persuasif dan memanfaatkan semua sarana yang ada agar tujuan yang telah ditetapkan dapat tercapai.

Kampanye politik yang diterapkan sekarang sudah seperti pasar saja. Hal ini dapat dilihat dari adanya iklan politik dan pemasaran politik. Bahkan kegiatan pemasaran politik telah mencangkokkan konsep pemasaran dengan menerapkan 4P (produck, price, place & promotion). Dari sisi produk, partai politik menawarkan produk berupa platform partai, track record dan figure sang pemimpin. Price adalah harga yang harus dibayar masyarakat terhadap para calon legislative yakni berupa kepercayaan yang dibuktikan dalam pemilihan. Place adalah kedudukan setiap partai politik mulai dari DPP, DPD, DPC bahkan sampai kedaerah-daerah terpencil sekalipun. Dan pormosi adalah kegiatan kampanye dan juka kegiatan periklanan partai.

Mungkin kah semua kegiatan ini nantinya akan berhasil? Tentu saja tergantung dari kelihaian para marketer partai.

Namun, satu hal yang perlu diingat dan diperhatikan oleh partai politik ialah, bahwa partai politik ada untuk mewakili rakyat dalam mengekspresikan kepentingan-kepentingannya menjadi sebuah kebijakan. Partai politik harus mampu memberikan sarana politik langsung kepada kepentingan yang diwakilinya. Kehadiran begitu banyak partai politik yang akan bertarung dalam kancah perpolitikan nasional di tahun 2009, diharapkan mampu memberikan perubahan yang berarti bagi bangsa ini.

Namun apa yang terjadi, bukan pendidikan politik seperti yang diharapkan terjadi dalam kampanye politik tahun ini. Partai politik memberikan contoh yang tidak baik, termasuk para tokoh politik atau para tokoh nasional. Masyarakat bukannya disadarkan dan diubaha cara berpikirnya dalam menghadapi kehidupan berbangsa dan bernegara saat ini yang semakin terpuruk. Justru masyarakat di suguhi tontonan yang saling tuding menuding, sikut menyikut, balas membalas menuduh bahawa orang lain tidak baik hanya partainyalah yang terbaik dan berhasil. Bahkan ada juga yang memanfaatkan segala kesempatan untuk mendapatkan dukungan.

Kondisi ini sebenarnya mengisyaratkan ketidakpercayaan partai terhadap kekuatannya sendiri sehingga memanfaatkan kelemahan partai lain. Akibatnya ialah sikap pesimis dan ketidakpercayaan masyarakat semakin bertambah.

Sebenarnya apa yang diharapkan dalam kampanye partai politik ini? Sejatinya kampanye politik ialah sebagai wahana konsolidasi diri terhadap masyarakat. Kampanye politik tidak lagi menjadi sarana untuk mempromosikan atau menjual diri, melainkan upaya untuk memperteguh dan memperkokoh posisi dan kepercayaan masyarakat terhadap kandidat.

Comments

  1. Salam pembuka!
    Nama saya Dewi Rumapea, saya dari kota SEMARANG, Indonesia. Saya ingin menggunakan media ini untuk menginformasikan semua dalam kelompok ini mencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. beberapa bulan yang lalu, aku finansial turun dan saya memutuskan untuk mencari pinjaman dari Man di Malaysia dan saya tertipu oleh orang di Malaysia. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal dan asli disebut Ibu Glory, pemberi pinjaman swasta yang meminjamkan jumlah pinjaman dari Rp500,000,000 tanpa stres pada tingkat bunga 2% yang merupakan terjangkau tingkat bunga untuk saya.

    setelah transfer kredit saya ke rekening bank saya, saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan telah mentransfer langsung ke rekening saya dengan Ibu Glory tanpa penundaan. Karena saya berjanji ibu bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi Ibu Glory melalui email:gloryloanfirm@gmail.com

    Saya menggunakan waktu ini untuk menginformasikan semua yang anda juga dapat menghubungi saya di email saya: dewiputeri9@gmail.com dan Nur Izzatul Azira Ismail, dari Malaysia yang memperkenalkan saya dan mengatakan kepada saya tentang Ibu Glory, Dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Glory, Anda dapat juga menghubungi dia melalui email:utariwirmayaty@gmail.com Sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    Catatan: Tidak ada biaya pendaftaran, asuransi atau biaya pajak

    Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Yang Maha Kuasa karena menggunakan Ibu Glory untuk mengubah cerita keuangan saya dan sekarang saya adalah pemilik bisnis saya yang bangga, semoga Allah terus memberkati Ibu Glory dan terus menggunakannya untuk membantu kita semua dalam kesulitan keuangan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ,,.,KISAH NYATA ,
      Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
      Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yng saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hamper bunuh diri anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma, istri saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anakanaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya stelah bergabung dengan KI JAMBRONG hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KI jambrong di No 0853-1712-1219. Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya, akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih KI JAMBRONG saya tidak akan melupakan jasa AKI. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH SILAHKAN HUB AKI JAMBRONG DI 0853-1712-1219. (TANPA TUMBAL/AMAN).

      ANDA JUGA BISA BERKONSULTASI MASALAH LAIN SEPERTI : TOGEL,PELARIS,SANTET,TUYUL,PERCINTAAN/ASMARA ATAU MASALAH GAIB LAINNYA.
      INI TIDAK AKAN BERHASIL TANPA ADA KEPERCAYAAN DAN KEYAKINAN DALAM DIRI ANDA SENDIRI

      Catatan: satu kata sudah cukup untuk orang bijak dan terima kasih banyak atas bacaan kesaksian dan kabar baik saya
      Tuhan memberkati kalian semua!

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

KENDALA DAN HAMBATAN SERTA SOLUSI DALAM KOMUNIKASI PEMBANGUNAN*

E-BUDGETING: MENGAWAL ASPIRASI MASYARAKAT DARI POLITIK KEPENTINGAN*

PELET JEPANG!

CORPORATE BRANDING AND CORPORATE REPUTATION

KOMUNIKASI HUMANIS*